Sejarah Fak. Kelautan dan Perikanan

Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) di Universitas Nusa Cendana mulai dirintis sejak tahun 1993. Saat itu bernama Program Studi Budidaya di bawah naungan Fakultas Peternakan. Melalui pertimbangan pimpinan Undana, maka tahun 1994 program studi tersebut dirubah menjadi UPT Perikanan dan Ilmu Kelautan (PIK) yang menyelenggarakan pendidikan sarjana (S1) perikanan. Status struktural UPT PIK ini disahkan dengan Surat Keputusan Rektor Undana No. 86 tahun 1994 tentang pembentukan UPT PIK dan pengangkatan kepala dan sekretaris UPT PIK. Pembentukan UPT PIK ini didasari juga pada Kepmen Dikbud RI No. 0180/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Undana,  pada pasal 99 ayat 1 dan 2 tentang pembentukan UPT yang lain termasuk UPT PIK yang menyelenggarakan tugasnya di bidang akademik.

UPT PIK Undana yang berkembang saat itu hanya membawahi 1 (satu) program studi yakni Program Studi Budidaya. Dalam penyelenggaraannya mengalami banyak hambatan, terutama pengurusan dokumen Program Studi Budidaya. Untuk mendapatkan status Program Studi Budidaya yang sah, dilakukan pengusulan beberapa kali ke Ditjen Dikti, namun usulan tersebut baru terwujud pada tahun 1998 dengan keputusan Ditjen Dikti No. 23/Dikti/Kep/1999, Program Studi Budidaya Perairan  (BDP) berada di bawah Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan (PIK) Fakultas Pertanian.

Pada tahun 2011 dilakukan studi kelayakan pada Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan untuk menambah 2 (dua) program studi yaitu Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP), namun yang terealisasi hingga tahun 2013 hanya 1 (satu) program studi yakni Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), sehingga Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Budidaya Perairan dan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan. Sejak tanggal 13 Juni 2013 Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan resmi menjadi Fakultas Kelautan dan Perikanan dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Nusa Cendana dengan Nomor 316 B/KL/2013 tentang Pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP).