FKP Mencegah Abrasi Pantai

FKP Undana bersama Karang Taruna dan Masyarakat Desa Mata Air melakukan kegiatan Penanaman mangrove di Pesisir Pantai Sulamanda

Fungsi hutan mangrove adalah sebagai pencegah erosi pantai atau yang kerap kali disebut sebagai abrasi. Abrasi pantai merupakan sebuah proses pengikisan permukaan pantai yang digerus oleh air laut melalui hempasan ombak. Proses tersebut banyak menimbulkan kerugian bagi makhluk hidup. Namun, dengan adanya pohon serta akar dari tanaman mangrove diklaim dapat berfungsi sebagai penahan tanah yang cukup ampuh. Maka dari itu, melakukan rehabilitasi hingga penanaman hutan mangrove sangat dianjurkan untuk dilakukan pada area pantai yang berpotensi terjadi abrasi.

Terdapat Beberapa pantai di NTT yang dapat melindungi pemukiman warga dari abrasi, seperti Pantai Sulamanda yang terletak di Desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang. Namun, sudah mengalami kerusakan akibat abrasi pantai. Hal ini menjadi perhatian kusus dari beberapa pihak, seperti; Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP); Karang Taruna dan Warga Desa Mata Air yang berada di lokasi tersebut, karena jika dibiarkan abrasi akan sampai pada lokasi pertanian dan perumahan warga.

Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP); Dr. Franchy Ch. Liufeto, S.Pi., M.Si, bersama Ketua Karang Taruna; Ari Buraen dan Kepala Desa Mata Air; Beni Kanuk. Bekerja sama dalam upaya melakukan kegiatan penanaman 500 anakan mangrove, yang melibatkan Mahasiswa Budidaya Perairan (BDP), Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) serta Pemuda dari Karang Taruna dan Desa Mata Air. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 September Tahun 2021.

Dalam penyampaian singkat, Dr. Franchy menyatakan bahwa; Pantai yang telah rusak akibat abrasi harus direhab kembali dengan ditanami anakan mangrove. untuk mendukung kegiatan tersebut, pihaknya akan melakukan pendampingan kepada aparat desa dan karang taruna untuk terus menjaga keberlangsungan hidup dari anakan mangrove. hal tersebut disambut baik oleh pihak karang taruna dan masyarakat desa setempat. Ditulis Oleh Admin Website FKP Aris Ndena Njata; dikutip dari https://www.youtube.com/watch?v=YuOqQLeJK04

Berita Kegiatan Penanaman Mangrove@https://www.youtube.com/watch?v=YuOqQLeJK04

Gallery Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *