Kegiatan Pembuatan Pakan Mahasiswa PKL FKP Tahun 2021

Kegiatan pembuatan pakan ikan oleh mahasiswa Praktek Kerja Lapangan di Fakultas Kelautan & Perikanan Universitas Nusa Cendana. Dalam kegiatan ini mahasiswa berupaya membuat pakan ikan dengan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan pada saat proses perkuliahan di kelas. dengan tujuan menghasilkan produk pakan yang unggul dengan harga murah, tetapi berkualitas tinggi.

Pada saat pembuatan pakan wajib megetahui kandungan nutrisi yang sesuai untuk ikan yang kita budidayakan. Pakan yang berkualitas tentunya mempunyai nutrisi lengkap dan seimbang, diharuskan mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan ikan yang kita pelihara.

Langkah Mudah Membuat Pakan ikan :

Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat pelet. Haluskan terlebih dahulu bahan-bahannya. Pada saat melakukan proses penghalusan bahan-bahan, bisa dengan menggunakan mesin penggiling Kemudian ayaklah bahan yang sudah dihaluskan atau digiling. Ayak hingga mendapatkan tepung yang halus, Masukkan tepung tapioca sekitar 10 persen hingga 20 persen dari jumlah total campuran yang digunakan Kemudian tambahkan air secukupnya agar pada saat pencampuran adonan prosesnya lebih mudah.
Selanjutnya masukkan tepung ikan sebanyak 20 persen dari total campuran pakan. Jika kita menggunakan bungkil kedelai bisa menggunakannya sebanyak 40 persen. Untuk minyak ikan sebanyak 1 persen, 2 persen kalsium karbonat dan 1 persen vitamin B. Campurkan semua bahan dengan menggunakan mixer kurang lebih selama 10 menit, Kemudian cetak pelet dengan menggunakan mesin cetak pelet. Agar lebih mudah Jemur pelet hingga kering dan bungkus dengan menggunakan plastik. Ditulis oleh Aris Ndena Njata, admin Website FKP Undana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *