Faculty of Marine sciences and Fisheries

FKP National Seminar 2015

Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan FKP-UNDANA

E-mail Print PDF


SEMINAR NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN I, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS NUSA CENDANA

TEMA

Pengembangan Iptek Kelautan dan Perikanan Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Di Kawasan Timur Indonesia


PEMBICARA UTAMA

  1. Prof. Dr. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.,Ph.D
  2. Drs. Frans Lebu Raya
  3. Dr. Ir. Slamet Soebjakto, M.Si
  4. Dr. Ir. I. Nyoman Suyasa, MS

PANITIA

Dr. Ir. Marcelien Dj.,Ratoe Oedjoe, M.Si (Ketua Panitia)

Dr. Yuliana Salosso, S.Pi.,MP (Sekretaris)

Yudiana Jasmanindar, S.Pi.,M.Si (Bendahara)


LATAR BELAKANG KEGIATAN

Puji dan syukur kamI panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselenggaranya “Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan Ke I, Tahun 2013” Jurusan Perikanan dan Kelautan Universitas Nusa Cendana Kupang. Hasil-hasil kajian dan penelitian yang didukung oleh informasi terkini tentang kelautan dan perikanan diharapkan dapat menjadi sumbangan pemikiran untuk meningkatkan bidang kelautan dan perikanan. Salah satu media strategis untuk mensinergikan ide-ide atau gagasan para stakeholders di bidang kelautan dan perikanan melalui penyelenggaran diseminasi hasil penelitian dan kajian. Oleh karena itu, Jurusan Perikanan dan Kelautan Undana sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Nusa Tenggara Timur merasa perlu menyelenggarakan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan dengan tema Pengembangan Iptek Kelautan dan Perikanan dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Pelakasanaan kegiatan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan I ini dilaksanakan pada Tanggal 12 Oktober 2013 dan bertempat di Ruang Aula Rektorat Universitas Nusa Cendana, Kupang.

SPANDUK KEGIATAN


alt

DOKUMENTASI KEGIATAN

alt


SEMINAR NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN II, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS NUSA CENDANA


TEMA

Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan dalam Rangka Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional


PEMBICARA UTAMA

  1. Prof. Dr. Rokhmin Dahuri
  2. Dr. Ir. Agung Sudaryono, M.Sc
  3. Prof. Ir. Ricky Gimin, M.Sc.,Ph.D

PANITIA

Dr. Ir. Sunadji, MP (Ketua Panitia)

Welem L. Turupadang, S.Pi (Sekretaris)

Sinta Klau, SP (Bendahara)


LATAR BELAKANG KEGIATAN

Peningkatan jumlah penduduk dunia dan efek pemanasan global telah berdampak pada menurunnya produksi bahan pangan diberbagai Negara. Hal ini merupakan salah satu ancaman bagi ketahanan pangan dunia tidak terkecuali Indonesia.

Indonesia dengan berbagai rangkaian pulau besar maupun kecil merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan hayati laut terbesar di dunia. Berdasarkan hal tersebut, laut dan perairan tawar diharapkan dapat menopang ketersediaan sumber pangan nabati dan hewani bagi penduduknya. Namun kekayaan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal baik dari sisi penangkapan, budidaya, maupun bioteknologi kelautan dalam menunjang pangan nasional.

Penelitian- penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya laut dan perairan tawar (penangkapan, budidaya) telah banyak dilakukan, tetapi belum banyak diaplikasikan oleh pengambil kebijakan maupun stakeholder. Menyadari hal tersebut maka Fakultas Kelautan dan Perikanan berencana mengadakan seminar Nasional Perikanan dan Kelautan yang merupakan media yang bisa mempertemukan berbagai kalangan baik dari akademisi, peneliti, pengambil kebijakan,stakeholder, maupun masyarakat yang mempunyai kepedulian pada bidang perikanan dan kelautan untuk mensinergikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan agar bias diaplikasikan untuk peningkatan ketersediaan pangan nasional.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Pelakasanaan kegiatan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan II ini dilaksanakan pada Tanggal 19 Agustus 2015 dan bertempat di Hotel New By Aston-Kupang.


SPANDUK KEGIATAN


alt


DOKUMENTASI KEGIATAN


alt



SEMINAR NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN III, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS NUSA CENDANA


TEMA

Pengembangan IPTEK dalam Sumberdaya Kelautan dan Perikanan untuk Memperkuat Ketahanan Pangan Nasional


PEMBICARA UTAMA

  1. Ir. Nilanto R. Perbowo, M.Sc
  2. Carles P. Simanjuntak, S.Pi.,M.Si.,P.hD
  3. Dr. Ir. Marcelien Dj. Ratoe Oedjoe, M.Si

PANITIA

Dr. Ir. Fonny J. L. Risamasu, M.Si (Ketua Panitia)

Dr. Ismawan Tallo, S.Pi.,M.Si (Sekretaris)

Dr. Lady Cindy Soewarlan, S.Pi.,M.Pi (Bendahara)


LATAR BELAKANG KEGIATAN

Puji Syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya atas berkat Rahmat dan KaruniaNYA, maka penyusunan laporan kegiatan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan ke-III tahun 2016 yang dilaksanakan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana dengan tema “Pengembangan Iptek dalam Sumberdaya Kelautan dan Perikanan untuk Memperkuat Ketahanan Pangan Nasional ” dapat selesai dilakukan.

Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan yang merupakan media yang bisa yang mempertemukan berbagai kalangan baik dari akademis, peneliti, pengambilan kebijakan, stakeholder, maupun masyarakat yang mempunyai kepedulian pada bidang perikanan dan kelautan untuk mensinergikan  hasil-hasil penelitan yang telah dilakukan agar bisa diaplikasikan untuk peningkatn ketersediaan pangan nasional. Akan tetapi, hasil – hasil penelitian tersebut yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya laut dan perairan tawar (penangkapan, budidaya) telah banyak dilakukan, tetapi belum banyak diaplikasikan oleh pengambil kebijakan maupun stakeholder.

Menyadari hal tersebut maka Fakultas Kelautan dan Perikanan mengadakan seminar Nasional Kelautan dan Perikanan yang merupakan media yang bisa mempertemukan berbagai kalangan baik dari akademisi, peneliti, pengambil kebijakan, stakeholder, maupunmasyarakat yang mempunyai kepedulian pada bidang kelautan dan perikanan untuk mensinergikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan agar bisa diaplikasikan untuk peningkatan ketersediaan pangan nasional


WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Pelakasanaan kegiatan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan III ini dilaksanakan pada Tanggal 27 Oktober 2016 dan bertempat di Hotel New By Aston-Kupang.

SPANDUK KEGIATAN

alt


DOKUMENTASI KEGIATAN

alt


SEMINAR NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN IV, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS NUSA CENDANA


TEMA

Pengembangan IPTEK Kelautan dan Perikanan untuk Mendukung Ketahanan Pangan dalam Menghadapi MEA


PEMBICARA UTAMA

  1. Dr. Ir. Slamet Soebjakto, ST.,M.Si
  2. Dr. Dirhamsyah, MA
  3. Dr. Ir. Agnette Tjendanawangi, M.Si

PANITIA

Dr. Yuliana Salosso, S.Pi.,MP (Ketua Panitia)

Dr. Priyo Santoso, S.Pi.,MP (Sekretaris I)

Aludin Al Ayubi, S.Pi.,M.Si (Sekretaris II)

Ike Margareth Irawati Langke, A.Md (Bendahara)


LATAR BELAKANG KEGIATAN

Peningkatan jumlah penduduk dunia dan efek pemanasan global telah berdampak pada menurunnya produksi bahan pangan diberbagai Negara. Hal ini merupakan salah satu ancaman bagi ketahanan pangan dunia tidak terkecuali Indonesia yang merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan hayati laut terbesar di dunia. Berdasarkan hal tersebut, laut dan perairan tawar diharapkan dapat menopang ketersediaan sumber pangan nabati dan hewani bagi penduduknya.

Berbagai penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya laut dan perairan tawar (penangkapan, budidaya) telah banyak dilakukan, tetapi belum banyak diaplikasikan oleh pengambil kebijakan maupun stakeholder. Menyadari hal tersebut maka Fakultas Kelautan dan Perikanan berencana mengadakan seminar Nasional Perikanan dan Kelautan yang merupakan media yang bisa mempertemukan berbagai kalangan baik dari akademisi, peneliti, pengambil kebijakan, stakeholder, maupunmasyarakat yang mempunyai kepedulian pada bidang perikanan dan kelautan untuk mensinergikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan agar bisa diaplikasikan untuk peningkatan ketersediaan pangan dalam menghadapi MEA


WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Pelakasanaan kegiatan Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan IV ini dilaksanakan pada Tanggal 14 Oktober 2017 dan bertempat di Hotel New By Aston-Kupang.

SPANDUK KEGIATAN

alt


DOKUMENTASI KEGIATAN


alt



SEMINAR NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN V, FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN, UNIVERSITAS NUSA CENDANA

alt





Last Updated on Sunday, 10 February 2019 11:58